Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beginilah Perbedaan Rasa-Tekstur Bawang Prei dan Daun Bawang

Bawang Prei

MOYABU - Meskipun terdapat perbedaan antara kedua jenis daun yang berguna untuk memasak ini, masih banyak orang yang tidak dapat membedakan antara daun prei (bawang prei) dan daun bawang (bawang daun).

Meskipun sekilas tampak sama, ada perbedaan utama di antara keduanya. Oleh karena itu, bawang prei dan daun bawang sebenarnya adalah saudara kembar yang terpisah tetapi identik secara genetik.

Tidak heran jika banyak orang sering memiliki informasi yang salah dan berusaha untuk membedakan antara bawang prei dan daun bawang.

Apa yang membedakan bawang prei dari daun bawang?

Terlepas dari kemiripannya yang dangkal satu sama lain, bawang prei dan daun bawang memiliki perbedaan yang jelas baik dalam penampilan fisik maupun rasanya.

Meskipun demikian, bawang prei dan daun bawang sering digunakan dalam masakan, baik sebagai hiasan atau tambahan sayuran untuk berbagai hidangan.

Terlepas dari kenyataan bahwa mereka terlihat seperti kembar identik pada pandangan pertama, ada perbedaan yang signifikan di antara mereka dalam hal dimensi dan bentuk umumnya.

Jika dibandingkan dengan daun bawang yang ramping, bawang prei memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Ini adalah titik penting yamg mempermudah dalam membedakanya.

Dengan kata lain, tubuh atau bentuk bawang prei tampak lebih penuh, dan daunnya lebih lebar daripada daun bawang.

Bawang prei juga biasanya cukup tipis tetapi tidak memiliki tekstur berlendir, sebaliknya irisan daun bawang memiliki lapisan lendir yang sangat tipis.

Cita rasa bawang prei dan daun bawang

jika dirasakan oleh lidah secara hati-hati bisa di rasakan bahwa bawang prei dan daun bawang memiliki rasa yang berbeda, yang dapat dibedakan satu sama lain.

Rasa bagian daun pada daun bawang dikenal hambar, berbeda dengan batang nya yang manis.

Sedangkan, pada bawang prei rasa manis yang cukup pekat dapat tercium mulai dari batang daun bawang sampai ke daunnya.

Tidak mengherankan jika bawang prei sering digunakan untuk meningkatkan cita rasa masakan seperti saus dan tumis.

Ternyata bawang prei dan daun bawang berbeda satu sama lain tidak hanya dari ukuran dan bentuknya tetapi juga dari aromanya.

Dibandingkan dengan bawang prei, daun bawang memiliki aroma yang lebih harum dan biasanya lebih kuat rasanya.

Karena kelihatannya sama, banyak orang pasti tidak menyadari bahwa ada perbedaan yang signifikan antara bawang prei dan daun bawang. Demikianlah perbedaan-perbedaan itu.

Penggunaan bawang prei dan daun bawang

Selain itu, banyak orang yang percaya bahwa dbawang prei memiliki rasa yang lebih enak saat ditumis dengan bahan lain daripada saat ditambahkan di akhir proses memasak.

Di sisi lain, orang mengklaim bahwa daun bawang memiliki rasa yang lebih enak saat diiris sangat tipis dan ditambahkan sebagai garnish atau topping menjelang akhir proses memasak.

Meskipun demikian, keduanya sering digunakan sebagai hiasan di akhir proses memasak atau sebagai bahan yang dicampurkan ke dalam adonan atau masakan tertentu. Tampaknya selera seseorang adalah faktor yang paling penting juga ya?

Mungkin kalian tidak tau kalo daun prei bisa menghasilkan bunga, bahkan beberapa bunga yang muncul cukup besar dan memanjang. 

Bunga bawang prei