Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Memasasak Nasi Goreng Udang yang Enak ala Thailand

Resep Nasi Goreng Udang Ala Thailand

Nasi goreng udang adalah nasi goreng yang diberikan toping udang untuk menambah varian rasa nasi goreng. Nasi goreng sendiri merupakan makanan khas asli indonesia, yang tidak sedikit jumlah penggemarnya,dari anak-anak hingga lanjut usia yang juga terdapat di negara thailand. 

Cara penyajianya yang mudah dan rasanya enak dan gurih membuat lidah para penggemar yang menyentuh nya seperti sedang dimanjakan oleh kenikmatan nasi goreng negara thailand.

Nasi goreng seperti yang kita ketahui sering kali di jual di pinggir jalan, restoran, hotel, bahkan di sekolah. Biasanya kalian harus keluar untuk membeli nasi goreng, tapi tenang saja jika kalian ingin memakan nasi goreng ala thailand, kalian bisa kok tanpa harus pergi ke thailand. 

Yaitu dengan memasaknya dirumah dengan resep Nasi Goreng Udang ala Thailand kami yang pastinya enak dan lezat yang kami jelaskan pada tulisan ini.

Sedikit info, nasi goreng udang selain rasanya yang nikmat dan berciri khas khas seafood, juga mengandung protein dan vitamin dari rempah atau daging seperti bawang daun dan udang. Juga banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktifitas setiap hari.

Bahan Nasi Goreng Udang yang Enak ala Thailand

Berikut adalah bahan-bahan : 

  • 200 gram udang segar
  • 1 butir telur ayam
  • 2-3 sendok makan minyak sayur.
  • 1 piring nasi (yang terbaik nasi kering/ lama)
  • 2-3 bawang merah
  • 1-2 bawang putih
  • 1 helai daun bawang
  • 2 tanaman ketumbar
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1-2 sendok teh bumbu penyedap/royko.

Langkah Nasi Goreng Udang yang Enak ala Thailand

  1. Masukkan minyak ke dalam wajan, tunggu hingga wajan memanas.
  2. Masukan udang kedalam wajan, tumis hingga sedikit matang dan sisihkan di sisi tepi wajan.
  3. Tuang telur ke dalam wajan, kocok menggunakan spatula secukupnya saat dimasak. 
  4. Serok udang di sisi tepi wajan, lalu tumis dengan telur secara bersamaan.
  5. Masukkan nasi ke dalam panci, bersamaan dengan kecap, bumbu penyedap dan gula
  6. Aduk cukup rata untuk semua bahan.
  7. Tambahkan 1/2 helai daun bawang yang telah dipotong, bawang, ketumbar, merica ke dalam wajan. Aduk rata lagi.
  8. Letakkan di piring, beri 1/2 helai daun bawang mentah dan siap disajikan.
Selesai sudah resep bahan dan langkah dalam pembuatan nasi goreng yang enak ala Thailand, semoga kalian dapat mencobanya di rumah dengan hasil yang nikmat.

Sedikit Asal Muasal Nasi Goreng


Ini mungkin mengejutkan kalian, tetapi nasi goreng, hidangan yang umumnya diasosiasikan dengan Indonesia, sebenarnya berasal dari Tiongkok.

Baru-baru ini ditemukan bahwa nasi goreng, makanan pokok orang Indonesia, sudah ada sejak tahun 4000 SM di Tiongkok.

Hidangan ini terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Malaysia, Singapura, Cina, Turki, dan Thaikand. Jika kalian mengunjung beberapa negara tersebut mungkin kalian dapat menemukan nasi goreng.

Perdagangan Indonesia-Tionghoa yang terjadi di Nusantara tidak dapat dilepaskan dari penyebaran nasi goreng dan popularitasnya di Indonesia.

Selama masih ada perdagangan antara kedua negara, hal itu akan terus mendorong pendatang Tionghoa untuk menetap di Indonesia dan membawa masakan tradisional Tionghoa ke Tanah Air.

Para musafir Cina yang singgah di kerajaan Sriwijaya pada abad ke-10 inilah yang disebut-sebut sebagai orang pertama di Indonesia yang memperkenalkan nasi goreng.

Dalam pertemuan tersebut, para tamu Tionghoa memberikan penduduk setempat rasa nasi goreng pertama mereka.

Kemudahan menyiapkan dan menyiapkannya telah berkontribusi pada lonjakan popularitas nasi goreng baru-baru ini.

Selain itu, nasi merupakan jenis makanan yang paling banyak disantap oleh masyarakat yang tinggal di Sriwijaya.

Pada suatu ketika, terdapat Hillary Keatinge dan Anneke Peters yang menyanggah mitos bahwa orang Tionghoa adalah orang yang pertama kali memperkenalkan nasi goreng dalam bukunya The Flavour of Holland (1995).

Kedua food writer ini yakin bahwa Indonesia adalah tempat pertama kali konsep nasi goreng muncul.

Menurut Keatinge dan Peters, nasi goreng adalah masakan tradisional Indonesia yang dimakan secara tradisional di pagi hari dan terdiri dari nasi sisa yang dimasak kembali yang disajikan dengan irisan telur dadar (omelet) bisa juga dengan udang. Nasi goreng biasanya dimakan untuk sarapan.

Mereka percaya bahwa nasi goreng adalah jenis makanan yang tidak ada duanya. Hidangan ini unik karena bisa dimakan kapan saja, baik pagi, siang, sore, atau bahkan setelah tengah malam, dan bisa disajikan hangat atau dingin sama seperti nasi goreng udang.

Selain itu, sangat mudah untuk memasukkan berbagai macam bahan makanan lain ke dalam nasi goreng karena keserbagunaannya contohnya nasi goreng udang yang telah kita bahas.

Petunjuk memasaknya sangat mudah dan mudah dipahami. Nasi goreng dapat ditemukan di hampir semua restoran atau toko kelontong. Anda mungkin menemukannya disajikan sebagai kelezatan di restoran terkenal atau hotel berbintang lima, tetapi Anda mungkin juga menemukannya dijual dari gerobak tua yang reyot atau tenda di pinggir jalan.

Sampai batas tertentu,  nasi goreng bisa dianggap sebagai makanan pokok jutaan orang di indonesia, termasuk warga biasa hingga presiden.

“Nasi goreng sudah umum ada di menu restoran Eropa, terutama yang melayani wisatawan asal Asia,” kata William Wongso, pakar kuliner. “Namun, namanya bukan "fried Rice" tapi nasi goreng", dan biasanya orang menyebutnya dengan "Nasi Gorank" karna perbedaan cara berbicara.