Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Tips - Begini 10 Cara Memulai Bisnis di Masa Sekarang

Bingung?, Begini 10 Cara Memulai Bisnis di Masa Sekarang

Bingung gimana cara memulai bisnis ?, moyabu akan membahas cara memulai bisnis. Langkah-langkah yang akan moyabu pelajari ini adalah yang pertama akan diulas dari dasar-dasar cara membuka bisnis, termasuk bagaimana cara menentukan apa yang harus dilakukan, hingga cara menentukan merek dengan baik. Yok mari moyabu mulai:

Coba Temukan minat dan keterampilan Kamu

Bagaimana moyabu bisa memulai bisnis jika kita tidak tahu apa yang kita suka? Tentu saja tidak bisa, itulah intinya. Di dunia ada dua jenis wirausahawan:

  • Orang yang sedang mencari kebebasan ekonomi

  • Orang yang tergerak oleh rasa semangat dengan didasari iide yang menjanjikan.

Itulah dua jenis wirausahawan, jika Kamu ingin tahu cara memulai bisnis dengan cara yang mudah, cara yang ideal menurut moyabu adalah memilih pendekatan kedua. Pengusaha perlu menemukan kegiatan apa yang paling dia kuasai, apa yang dia nikmati di waktu luangnya, apa pasion-nya dan apakah ada cara untuk memasukkan pasion ke dalam usahanya.

Singkatnya, setiap pengusaha harus bertanya pada dirinya sendiri: Di bidang apa kita ingin memulai bisnis kita?

Cepat atau lambat bisnis baru akan menuntut lebih banyak waktu, usaha, dan dedikasi sebagai wirausahawan, sehingga akan jauh lebih mudah jika bisnis yang di emban sesuai dengan kompetensi yang mereka punyai dan sesuai dengan kesenanga/hobi.

Dapatkan ide untuk memulai bisnis

Pada setiap bisnis yang baru lahir, cobalah berusaha untuk memberikan kebutuhan akan produk tertentu. Semua ini selalu tentang pelanggan dan masyarakat, bukan seorang pengusaha. Beberapa cara untuk mendapatkan ide-ide menarik tentang apa yang dapat kita masukan sebagai ide bisnis adalah:

  • Memanfaatkan produk yang sedang trend dengan cara terbaru.

  • Terinspirasi oleh masalah sehari-hari yang kebetulan belum memiliki solusi praktis.

  • Tawarkan produk atau layanan jasa yang dikenal dengan produk yang unik, berguna, dan berbeda dari yang lain.

  • Murahkan produk yang ada tanpa kehilangan kualitas (formula baru, bahan lain, proses daur ulang, penggunaan limbah ...).

  • Tinjau ulasan layanan atau produk secara berkala di pasar tertentu. memperbaiki kritik terus-menerus merupakan hal yang perlu dilakukan.

  • Pikirkan tentang elemen yang terkait dengan pasar, yang belum pernah dilakukan siapa pun.

Bagaimanapun, ini bukan tentang melakukan hal yang serupa seperti pengusaha lain. Siapa pun yang merancang ponsel pertama tidak terinspirasi oleh pesaing mana pun. Caranya adalah dengan memberikan kualitas nyata atau memberikan solusi praktis dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Kamu Harus Meneliti Pasar

Di antara beberapara tips dalam memulai bisnis, yang paling penting adalah riset pasar.

Kamu tidak seharusnya menginvestasikan waktu dan uang dalam suatu ide jika kamu belum meneliti dalam hal pesaing, produk, dan yang paling penting: apakah orang bersedia membeli nya.

Memikirkan Tentang Model Bisnis

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis yang sukses adalah dengan membuat model bisnis. Ini bisa menunjukan suatu nilai pembeda dari produk yang Kamu miliki, tentang berapa biaya pembuatanya, siapa pelanggan dan berapa banyak keuntungan yang dapat diperoleh.

Salah satu strategi terbaik untuk dilakukan adalah dengan membuat CANVAS yang mencakup ringkasan faktor-faktor kunci terhadap bisnis kalian. kalian bisa mencari template nya di internet dan memulai membuat model bisnis.

Model bisnis merupakan tulang punggung usaha. Luangkan waktu sebanyak mungkin pada langkah ini.

Membangun Ide Brand yang Tepat

Sebagai pengusaha terkadang, selain menjual produk, Kamu harus menjual brand atau ide bisnis.

Tentunya langkah sebelum mendapatkan investor, pelanggan afiliasi, dan kerjasama, kita diharuskan untuk memperkuat terlebih dahulu ide dan brand yang kita punyai. Tetapkan tujuan, gambaran keseluruhan, dan sedetail mungkin rencana untuk tahun pertama.

Jika Kamu benar-benar berkomitmen untuk mencari tahu bagaimana memulai bisnis Kamu sendiri, pahami bahwa semakin jelas ide-ide yang kamu punya, semakin mudah juga kedepan nya.

Menentukan modal awal

Setiap bisnis membutuhkan modal awal. Minimal fungsional perusahaan harus dapat dijalankan, sehingga produk pertama bisa mulai dijual.

Beberapa pengusaha menggunakan tabungan mereka, beberapa bertahan dengan apa yang mereka punya dan sebagian yang memiliki ide yang lebih solid biasanya lebih mencari investor karena lebih percaya diri.

Apa pun sumber modal pertama, penting untuk menetapkan jumlah yang tepat dan menetapkan rencana terperinci tentang apa yang akan dilakukan dengan uang itu.

Paradoks tahun pertama kewirausahaan

Jika Kamu sudah memiliki perusahaan yang berjalan, sekarang saatnya untuk mengklarifikasi poin kunci yang sering mendefinisikan keberhasilan atau kegagalan ratusan pengusaha: Sebuah bisnis selalu dimulai dengan sebuah hutang.

Modal awal bukanlah aset bisnis, melainkan  itu adalah hutang dan perusahaan harus membayarnya dengan cara wajib selama tahun pertama kepada kamu.

Sederhananya, mulailah bisnis Kamu sendiri dengan uang dari bisnis, bukan milik Kamu sendiri.

Banyak pengusaha menambahkan modal pertama dan kemudian menanganinya seolah-olah itu adalah aset perusahaan, tetapi ini hanya menciptakan kekeliruan profitabilitas. Pada tingkat akuntansi, akun bisnis dan akun pengusaha harus dikelola secara mandiri.

Jika ini tidak dilakukan dan modal awal tidak dibayarkan, maka hanya akan tampak bahwa bisnis itu menguntungkan dan menghasilkan uang, padahal sebenarnya diam-diam akan tenggelam.

Merencanakan bisnis

Di antara langkah-langkah utama untuk memulai usaha,rencana bisnis merupakan langkah yang melelahkan.

Betul sekali, tidak ada yang suka membuat rencana bisnis. Meskipun banyak perhitungan, riset, dan membutuhkan kreativitas. Kamu harus tetap pede dan jangan gugup apalagi menghindari langkah ini. Meskipun ini sangat diperlukan, kamu tidak harus melakukan semuanya sekaligus.

Jika Kamu telah mengikuti langkah-langkah yang dirjelaskan di atas, Kamu mungkin sudah memiliki:

  • Riset pasar.

  • Model bisnis.

  • Struktur biaya (di mana modal awal diinvestasikan).

  • Brand merek.

Hal ini berarti bahwa rencana bisnis sudah maju dengan baik. Dalam pengertian ini, masih harus didefinisikan:

  • Struktur staf.

  • Rincian pengeluaran dan akuntansi. (Sangat, sangat penting)

  • Rencana pertumbuhan.

  • Pendekatan masa depan untuk produk / layanan baru.

  • Kemungkinan modal untuk proyek bisnis tambahan baru.

Rencana bisnis pada dasarnya adalah jawaban untuk: Di mana kita dan ke mana bisnis kita akan pergi?

Ini yang bikin sakit kepala dan banyak pengusaha mengabaikannya. Saat itulah masalah dimulai. Tanpa rencana, Kamu berisiko hanya diam ditempat, membuang-buang sumber daya, dan meningkatkan peluang dalam membuat keputusan buruk.

Meningkatkan Tenaga Ahli

Di antara langkah-langkah terakhir untuk memulai bisnis yang sukses adalah dengan menambahkan keahlian tim kerja. Ini harus dilakukan hanya ketika bisnis sudah memiliki keuntungan. Baik melalui pelatihan, kursus baru, staf pelatihan atau menambahkan wajah baru ke dalam perusahaan.

Berikut ini, setelah memiliki model bisnis fungsional, adalah mencakup bidang-bidang seperti:

  • Akunting.

  • Pemasaran.

  • Halaman web.

  • Kehadiran di jejaring sosial.

  • Perencanaan proyek.

  • Perkembangan berkelanjutan.

  • Masalah hukum, pajak, dan penyelesaian sengketa.

Kembangkan keunikan bisnis Kamu sendiri

Jika Kamu membuka "cara berhasil bisnis pertama kami" di jejaring sosial, Kamu akan melihat banyak materi pertumbuhan untuk bisnis secara umum, tetapi kenyataannya adalah kebanyakan dari mereka tidak berfungsi di semua kasus.

Setiap bisnis adalah unik, dan seiring pertumbuhan perusahaan Kamu, penting untuk melacak perbedaan-perbedaan kecil ini sehingga Kamu dapat menggunakannya untuk keuntungan Kamu. Setiap segmen pelanggan berbeda, setiap merek memiliki bahasanya sendiri, dan setiap produk atau layanan memiliki serangkaian proses yang dapat dioptimalkan, diotomatisasi, dan dibuat lebih murah tanpa memengaruhi kualitas secara keseluruhan.

Setelah bisnis Kamu berjalan dengan baik, Kamu harus berhenti melihat "bagaimana mereka melakukannya" dan mencari tahu "bagaimana merek kami akan melakukannya".

Kamu tidak harus melakukan semuanya sekaligus, setelah Kamu tahu cara memulai bisnis yang memiliki peluang bagus untuk sukses. Mulailah bisnis Kamu saat Kamu siap. Gunakan alat yang Kamu miliki, satukan semuanya saat Kamu memiliki waktu luang, dan buat tempat yang Kamu inginkan. Cara memulai bisnis bermula pada pengambilan keputusan tanpa membuat suatu alasan.