Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kopi Dalgona Mudah Dengan Kopi Instan

Carra Membuat Kopi Dalgona Mudah Dengan Kopi Instan

Indonesia sedang viral-viral nya dengan cita rasa dan tekstur yang ada pada kopi yang satu ini, yaitu kopi dalgona. Kopi dalgona adalah kopi kocok atau whipped coffee yang dapat dibuat dengan 4 bahan sederhana - kopi instan, gula, air panas dan susu.

Dimana kopi, gula, dan air panas ditambahkan ke dalam mangkuk dan diaduk hingga mencapai tekstur yang lembut, dan kental. Kopi kocok ini kemudian dicampur dengan susu dingin atau hangat sesuai selera kita. Selesai!

Nama “dalgona” berasal dari jajanan jalanan Korea, yang memiliki rasa yang mirip dengan toffee honeycomb. Jadi seorang tokoh TV menamai kopi itu dengan nama itu. Cara pembuatan dalgona ini mirip dengan kopi kocok, 

Whipped Kopi bukanlah hal baru. Ada yang bilang kopi ini mirip Frappe atau cappucino India, namun disajikan secara berbeda.

Terlepas dari asalnya, kopi kocok sangat mudah, cepat, dan menyenangkan untuk dibuat. Meski membuatnya sendiri, kemungkinan bisa lebih enak dari kafe di sekitar kita. Dijamin!

Teman dan bapak kita wajib coba kopi yang satu ini.

Resep Kopi Dalgona

  • 1 sdm kopi instan (Coba pake kapal api aja, rasanya udah enak)
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm air panas
  • 3/4 cangkir hingga 1 cangkir susu (terserah, bisa pake ultramilk enak)
  • 1 Es Batu (opsional)

    Note : 1 sdm = 15 ml

Saya belum pernah mencoba kopi lain (seperti kopi yang baru digiling dll.) dengan resep ini. Tetapi banyak yang mencoba resep kopi ini berkomentar kalo hasilnya tidak sebaik kopi instan. Banyak yang bilang tidak mendapatkan kekentalan yang sama.

CARA MEMBUAT KOPI DALGONA

  1. Campurkan kopi instan, gula, dan air panas dalam mangkuk. Aduk dengan baik. Kemudian gunakan mixer (stand mixer atau milk frother) kocok dengan kecepatan tinggi hingga campuran kopi menjadi lembut dan kental (2-4 menit).

    Jika kalian tidak memiliki mixer, kalian dapat mengocoknya secara manual dengan tangan. Masih bisa kok! Kocok terus sekitar 400 kali sampai mengental.

    Nanti Hasilnya kira-kira seperti ini

    Hasil Kocokan Kopi Dalgona


  2. Masukkan es batu ke dalam cangkir yang sudah terisi susu. Tempelkan kopi kocok yang tadi sudah di buat di atas susu. Selamat menikmati.

CARA MENYIMPAN KOPI DALGONA 

Jika kalian membuat Dalgona dalam jumlah besar, dapat disimpan selama beberapa hari dalam wadah yang kedap udara (pastikan tanpa susu). Dalgona akan aman tersimpan setidaknya selama beberapa hari.

Berikut merupakan tentang resep viral Kopi Dalgona yang mudah dibuat dengan kopi instan/saset untuk menemani pekerjaan atau hari-hari kita.