Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PPG 2022 Beserta Kunci Jawaban Untuk Ujian PPG

PNG PPG Pendidikan Profesi Guru
MOYABU - Kami akan memberikan soal beserta jawaban PPG 2022 lengkap, beserta penjelasan yang bisa kalian buka dan download secara lengkap beserta kunci jawaban.

PPG adalah singkatan dari "Pendidikan Profesi Guru", dan merupakan program yang dijalankan oleh pemerintah. Tujuannya adalah untuk melatih lulusan S1 DIV Pendidikan dan Nonkependidikan yang memiliki keinginan dan kemampuan menjadi guru untuk menguasai secara penuh kompetensi guru berstandar nasional. PPG juga dikenal sebagai "Pendidikan Profesi Guru."

Program pendidikan profesi guru merupakan bagian dari prakarsa PPG, yaitu prakarsa yang dimotori oleh pemerintah untuk meningkatkan jenjang pendidikan dan kualifikasi yang diselenggarakan oleh para pendidik, khususnya guru.

Apa Itu PPG dan Mengapa Diselenggarakan

Sesuai dengan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tujuan program pemerintah untuk memajukan profesi guru adalah agar calon pendidik dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan sistem pendidikan negara. Sementara itu, berikut beberapa tujuan lain yang dituangkan dalam Pasal 2 Permendiknas No. 8 Tahun 2009:

Pendidik dapat terlibat dalam penelitian dan memajukan pengembangan profesional mereka dengan cara yang berkelanjutan.

Peserta PPG akan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelajaran dengan baik sebagai hasil dari keterlibatan mereka dalam program ini.

Pendampingan dan pengajaran siswa harus dilanjutkan setelah hasil penilaian telah ditinjau.

Apa Saja Keuntungan dan Manfaat Mengikuti Program PPG

Mengapa pemerintah mengamanatkan bahwa semua calon pendidik, terutama calon guru, harus menyelesaikan PPG? Karena PPG memiliki beberapa keunggulan, antara lain sebagai berikut:

Memegang sertifikasi mengajar yang valid dari lembaga terakreditasi. Untuk menjalankan profesi anda sebagai guru di sejumlah sekolah berbeda, jadi saya yakin ini adalah sebuah tambahan dari kehidupan profesi guru anda.

Berpartisipasi dalam program pendidikan profesi guru dan mendapatkan perolehan sertifikat selanjutnya akan berfungsi sebagai bukti kualifikasi anda sebagai guru profesional.

Dapatkan keterampilan tambahan untuk memastikan bahwa kemampuan mengajar anda tidak dapat disepelekan oleh orang lain.

Bagi yang mengikuti program ini, tidak lagi diwajibkan untuk mengikuti seleksi kompetensi bidang PNS, jadi peluang mendapatkan gelar PNS bakal lebih tinggi.

Membuka lebih banyak kesempatan kerja. Siapapun yang telah mendapatkan pelatihan di PPG akan memiliki kesempatan untuk bekerja di lembaga pendidikan manapun dan bahkan dapat mendaftar menjadi SILN jika mereka mau (Sekolah Indonesia Luar Negeri).

Memberikan dorongan dan motivasi bagi siapapun yang sedang mempertimbangkan untuk berkarir di bidang pengajaran untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pendidik yang belum sepenuhnya dikuasai.

Dengan melalui program ini, pengalaman dan kualitas pengajaran anda akan meningkat sebagai pengajar yang berilmu.

Selain itu anda juga dapat menambah pengalaman dan relasi

Apa Saja Soal dan Kunci Jawaban PPG 2022

Berikut beberapa contoh soal  beserta kunci jawaban yang mungkin anda temui selama mengikuti kegiatan Pretest  PPG dan UP PPG di 2022:

  1. Bank Soal dan Jawaban PPG 01 (PRE TEST)
  2. Bank Soal dan Jawaban PPG 02 (PRE TEST)
  3. Bank Soal dan Jawaban PPG 03 (PRE TEST)
  4. Bank Soal dan Jawaban PPG 04 PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL
  5. Bank Soal dan Jawaban PPG 05 (PGSD 2017)
  6. Bank Soal dan Jawaban PPG 06
  7. Bank Soal dan Jawaban PPG 07
  8. Bank Soal dan Jawaban PPG 09
  9. Bank Soa dan Jawaban PPG 10 (PSGD SET 2)
  10. Bank Soa dan Jawaban PPG 11 PEDAGOGIK
  11. Bank Soa dan Jawaban PPG 12
  12. Bank Soa dan Jawaban PPG 13
  13. Bank Soa dan Jawaban PPG 14 (PSGD SET 2)
  14. Bank Soa dan Jawaban PPG 15 PRETEST 
  15. Bank Soa dan Jawaban PPG 16 GURU KELAS SD 
  16. Bank Soa dan Jawaban PPG 17 GURU KELAS SD
  17. Bank Soa dan Jawaban PPG 18 GURU KELAS SD
  18. Bank Soa dan Jawaban PPG 19 PEDAGOGIK
  19. Bank Soa dan Jawaban PPG 20 Bahasa Inggris

Soal-soal pada pretes PPG mencakup berbagai topik, mulai dari tes akademik dan pedagogi hingga bidang ilmu profesional dan minat serta bakat.

Tes akademik yang dijadwalkan berlangsung antara tanggal 9 April 2022 sampai dengan 24 April 2022 dilanjutkan dalam bentuk pretest yang disebut dengan tes PPG (Pendidikan Profesi Guru).

Sudah menjadi rahasia umum bahwa soal-soal pada pretest PPG 2022 tidak akan melenceng jauh dari soal-soal pada pretest PPG 2021.

Oleh karena itu, kami menyediakan Bank Ujian Pengetahuan (UP) Pendidikan Profesi Guru (PPG), semoga bermanfaat.